YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE


Evolusi Perkembangan Teknologi Mobil Listrik Dunia

Quote:

Mobil Listrik
Quote:
Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Menurut Internatonal Standard (ISO 8713:2002) Mobil Listik dikenal dalam dua jenis, diantaranya ;Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). Mobil listrik yang di kategorikan menjadi Zero Emission Vehicles adalah Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik (mobil Hybride).
Quote:

Sekilas Prinsip Kerja Mobil Listrik
Quote:
Energi Listrik yang bersumber dari listrik PLN atau Generator melalui alat pengisisan (Charger) yang berfungsi untuk mengubah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) sesuai dengan kebutuahn pengisian dari baterai melaluidua buah kabel yaitu positif dan negatif untuk mengisi baterai. Baterai terdiri dari 3 unit, 12 Volt, 200 Ah dipasang secara seri dimana terminal positf baterai 1 dihubungkan ke terminal negatif dari baterai 2 dan terminal positif dari baterai 2 dihubungkan ke terminal negatif baterai 3 sedangkan terminal negatif dari baterai 1 dan terminal positif baterai 3 didapatkan keluaran 36 Volt,200 Ah. Setelah baterai penuh, listrik yang tersimpan pada baterai dapat digunakan untuk memutar motor penggerak melalui solenoid yang memiliki 2 terminal yang berfungsi menyambung dan memutus dimana terminal positif pada baterai dipasang pada salah satu terminal pada solenoide dihubungakn ke kendali kecepatan, dimana solenoide ini dikendalikan oleh dua buah saklar pembatas yang di pasang pada sistem gas dan rem yang hanya dapat berfungsi setelah kunci kontak dinyalakan.
Quote:

Evolusi Perkembangan Teknologi Mobil Listrik
Quote:
Ada beberapa perdebatan mengenai siapa yang membangun mobil listrik pertama kali di dunia, kredit diberikan ke penemu asal Skotlandia yaitu Robert Anderson, yang membangun sebuah unit energi mobil listrik dengan sumber energi non-isi ulang, pada tahun yang sama, di Belanda Penemu Sibrandus Stratingh menciptakan sebuah kendaraan listrik, seperti yang dilakukan juga oleh Thomas Davenport dari Vermont. dan itu sudah ada sejak setidaknya setengah abad sebelum Benz Paten-Motorwagen.
Edison's Electric
(Tahun 1889)

Spoiler for Edison's Electric:

Penemu dari bola lampu listrik ini, pertama kali membuat mobil listrik yang dioperasikan dengan menggunakan baterai nikel-alkaline pada tahun 1889. Thomas Edison melakukan percobaan dengan mobil listrik tujuan awalnya adalah untuk memasarkan baterai nikel-alkaline. Edison juga bekerja sama dengan Henry Ford membangun EV, tapi belum membuahkan hasil.

Pope Electric Vehicle
(Tahun 1899–1910)

Spoiler for Pope Electric Vehicle:

Tahun 1899-1910, Pabrik mobil pertama di Amerika dengan skala besar lahir di sebuah toko sepeda pada tahun 1899 (Pope Manufacture), dimana Setelah membangun 500an mobil listrik yang harganya lebih dari mobil biasa tetapi memiliki jangkauan hingga 40 mil.

Detroit Electric
(Tahun 1907–1939)

Spoiler for Detroit Electric:

Pada tahun 1907-1939, Detroit Electric dengan menggunakan baterai lead-acid atau baterai nickel-iron dari Edison, Mobil produksi Detroit Listrik dapat mencapai kecepatan tertinggi sekitar 20 mph dengan jarak tempuh 80 mil

GM Impact
(Tahun 1990)

Spoiler for GM Impact:

Selama hampir 50 tahun, mobil listrik yang dibuat terkesan terburu-buru mislanya untuk merespon krisis minyak tahun 1970-an dan gerakan lingkungan yang berkembang. General Motors pada tahun 1990 di Los Angeles Auto Show membangun mobil listrik yang rapih dan halus yaitu EV1 (Prototype), dengann jarak tempuh 80 mil, dapat mencapai kecepatan dari nol sampai 60km dalam 8 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 110 mph merupakan kendaraan listrik pertama benar-benar modern.

GM EV1
(Tahun 1996–1999)

Spoiler for GM EV1:

Mobil lanjutan dari protitype EV1 pada tahun 1996, telah diproduksi dengan perbaikan yang cukup baik. Mobil ini diproduksi secara terbatas dan mendapat pujian yang luas, terutama mengenai jumlah gas buang.


Quote:
Mobil Listrik Dan Lingkungan
Mobil listrik adalah transpor yang baik serta ramah lingkungan, mobil listrik memiliki emisi CO2 nya adalah nol karena tidak menggunakan bahan bakar fossil, meskipun mobil listrik sendiri masih memiliki banyak masalah.(Reuters/rob)
Toyota RAV4 EV
(Tahun 1997–2003)

Spoiler for Toyota RAV4 EV:

Pada tahun 1997-2003 Toyota mendapat perhatian dari konsumen mobil listrik dengan SUV listrik pertama, yang mulai dijual pada tahun 2003, 800 unit dari 1.575 RAV4 unit yang dibangun masih di jalanan sekarang, dengan jarak tempuh 100 sampai 120 mil, kecepatan tertinggi 78 mph.

AC Propulsion TZero
(Tahun 1997)

Spoiler for AC Propulsion TZero:

Pada tahun 1997 AC Propulsion terbukti sebagai mobil listrik yang cukup mengguncang pasaran, dengan 28 baterai basah merupakan duukungan yang cukup bagi mesin yang mampu bergerak dengan kecepatan nol sampai 60 dalam sedikit lebih dari 4 detik dan memiliki jangkauan 80 hingga 100 mil

Nissan Altra
(Tahun 1998–2002)

Spoiler for Nissan Altra:

Pada tahun 1998-2002, Nissan Altra adalah sebuah kendaraan listrik merupakan salah satu perintis. Altra tidak memiliki model yang menarik, tetapi itu mobil ini cukup revolusioner, karena itu adalah mobil listrik pertama didukung oleh baterai lithium-ion, dengan jangkauan dari 120 hingga 140 mil, Sony baterai bisa diisi ulang dalam lima jam dan hanya dibuat 200 unit saja.

Tesla Roadster
(Tahun 2008–Sekarang)

Spoiler for Tesla Roadster:

Pada tahun 2008-sekarang, Tesla Motors, Roadster tanpa diragukan lagi layak disebut sebagai "game changer." Anda bisa membuat argumen yang baik yang Tesla Motors membantu GM dengan teknologi batarai lithium-ion yang diadopsi untuk di gunakan di Chevrolet Volt

Nissan Leaf
(Tahun 2011)

Spoiler for Nissan Leaf:

Seperti diwartakan automotivenews.com, hingga September lalu pesanan telah menyentuh angka 26.000 unit. Rinciannya, di wilayah Amerika Utara 20 ribu unit dan di Jepang 6 ribu unit. “Padahal, kapasitas produksi pabrik Nissan (untuk produksi Nissan Leaf) pada tahun fiskal 1 April 2010 – 31 Maret 2011 hanya 10 ribu unit,”

Chevrolet Volt
(Tahun 2011)

Spoiler for Chevrolet Volt:

Chevrolet Volt dijua dengan harga 41.500 dolar AS atau sekitar Rp369.35 juta di Amerika Serikat disebut 'extended-range electric vehicle', Total jarak tempuh Volt dapat menjadi 570 km, "Dengan listrik 120 volt di Amerika, kita dapat mengisi baterei 10 jam. Dengan listrik 220 volt kita dapat mengisi bateri hanya dalam waktu empat jam,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar