YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE


Prehistoric Time Line, ayo lihat kehidupan di bumi dari awal sampai sekarang..!! [Part 1]

precambian

Quote:
4.600.000.000 y.a – 570.000.000 y.a


Quote:
Terciptanya bumi

Spoiler for Earth Forms:


bumi terbentuk sekitar 4.600.000.000 tahun yang lalu, ketika tata surya kita mulai berbentuk di sekitar matahari. Terlahir dari sebuah bintang yang meledak yaang bernama supernovae, bintang yang baru mengumpulkan pusaran debu dan gas disekitarnya. Ketika matahari mulai memanas, materi yang mengorbitnya mulai terakumulasi, saling bertubrukan untuk membentuk protoplanet dengan tarikan gravitasi.
Quote:
Batu tertua di dunia terbentuk

Spoiler for oldest rock:


struktur batu tertua di dunia yang telah diketahui, berasal dari potongan dari kerak bumi yang tercipta ketika lahar cair muncul dari patahan di bawah laut. Ditemukan di greenland bagian barat, formasi ini telah berumur 3.8 miliyar tahun yang lalu. Formasi batu kuno yang sama juga telah diidentifikasi di canada dan australia, di australia bahkan berumur 4.4 miliyar tahun.
Quote:
Oksigen mulai banyak

Spoiler for Oxygen:


dulu bumi adalah tempat berbahaya untuk ditinggali sampai akhirnya jumlah oksigen mulai bertambah sekitar 2.5 miliyar tahun yang lalu. Udara yang bisa dihirup ini ini diciptakan oleh cyanobakteria, yang hidup di laut. Bakteri ini melakukan fotosintesis yang hasil akhirnya adalah oksigen. Sehingga terbentuk pelindung ozon yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari
paleozoic era


Quote:
cambrian (570.000.000 y.a – 500.000.000 y.a)


Quote:
moluska bercangkang keras muncul

Spoiler for Mollusk:


moluska bercangkang ditemukan dalam bentuk fossil yang berumur 545 juta tahun. Asal mula dan awal evolusi dalam grup ini belum diketahui. Fosil pertama ini berupa manoplacophorans, nenek moyang dari kebanyakan moluska saat ini.
Quote:
Vertebrata pertama muncul

Spoiler for vertebrate:


vertebrata ( makhluk bertulang belakang ) adalah ikan tanpa rahang yang bernama agnathans. Vertebrata tertua ditemukan di 1990 yang berumur 530 juta tahun di china. Dimana para ilmuwan menemukan 2 tipe ikan tanpa rahang, yang dinamai haikouichthys dan myllokunmingia. Agnathan ini menonjol di lautan sampai akhirnya digantikan oleh ikan yang berahang.
Quote:
ordovician (500.000.000 y.a – 435.000.000 y.a)


Quote:
ikan berkartilago pertama berevolusi

Spoiler for Fish:


nenek moyang hiu mulai berenang di laut sekitar 450 juta tahun yang lalu. Dinamakan ikan kartilago karena rangka mereka terbuat dari kartilago bukan tulang. Cladoselache, salah satu fosil hiu, tumbuh sampai 2 meter panjangnya. Cladoselache, mempunyai rahang yang panjang dan gigi yang halus.
Quote:
silurian (435.000.000 y.a – 410.000.000 y.a)

Quote:
laba-laba dan kalajengking menuju pantai

Spoiler for Arachnid:


kita tau mereka sekarang di darat, tapi arachnid grup yang di dalamnya termasuk kalajengking dan laba-laba awalnya hidup di laut. Kalajengking diperkirakan sebagai arachnid tertua, dan sudah terlihat sejak 430 juta tahun yang lalu.
Quote:
Tanaman mulai tumbuh

Spoiler for Plant:


tanaman mulai tumbuh sejak 430 juta tahun yang lalu. Masa transisi dari tanaman laut ke darat merupakan tantangan evolusi yang sulit. Mereka menggunakan sistem vascular seperti tisu berbentuk tabung untuk mentransfer air dan nutrisi ke darat.
Quote:
devonian (410.000.000 y.a – 360.000.000 y.a)

Quote:
amfibi muncul dari air

Spoiler for Amfibi:


amfibi mulai keluar dari air sekitar 370 juta tahun yang lalu. Mereka berevolusi dari ikan yang menghirup udara yang berjalan di perairan yang dangkal, memilki sirip mirip dahan. Amfibi kuno, seperti elginerpeton, punya sirip ekor dan bernafas melalui paru-paru sederhana dan kulitnya.
Quote:
Terbentuknya super kontinen

Spoiler for Pangaea:


dahulunya pada masa carboniferous, benua-benua berkumpul jadi 1 yang kita sebut pangaea, benua ini terbentuk dari penggabungan 2 benua besar, gondwana dibelahan bumi bagian selatan dan euramerica yang merupakan gabungan amerika utara dan eropa utara. Gabungan gondwana dan euramerica ini membentuk pegunungan appalachian di amerika utara bagian timur.
Quote:
carboniferous (360.000.000 y.a – 290.000.000 y.a)

Quote:
hutan rawa pembentuk batubara mulai berkembang

Spoiler for Swamp:


hutan ini mempunya ruangan yang cukup untuk tumbuh karena ketinggian permukaan air rendah. Lycopods menghasilkan bahan mentah untuk bahan bakar fosil di amerika. Batubara banyak ditemukan di amerika utara, eropa, dan sebagian asia (contohnya di indonesia) – semuanya tercipta pada zaman carboniferous.
Quote:
Reptil pertama mulai terlihat

Spoiler for Reptil:


reptil berevolusi dari amfibi sekitar 300 juta tahun yang lalu. Yang diketahui bernama anapsids, yang bentuknya menyerupai kadal modern. Kemudian reptile berevolusi secara signifikan di bagian tengkorak, membuat mereka lebih ringan dan memiliki otot rahang. Anapsids ditemukan terjebak di dalam pohon carboniferous di canada
Quote:
permian (290.000.000 y.a – 248.000.000 y.a)

Quote:
reptile menguasai dunia

Spoiler for Reptil:


munculnya super kontinen (pangea), menghasilkan sebuah lingkungan hidup yang kurang bersahabat, luas, dan gersang yang memiliki temperature ekstrim. Reptile adalah makhluk yang dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan ini.
Quote:
Bumi mengalami kepunahan terbesar

Spoiler for Extinction:


masa permian pernah mengalami masa kepunahan, sekitar 95% makhluk laut mati dan 70% makhluk darat. Kepunahan ini disebabkan oleh perubahan iklim (global warming), gunung meletus, gas metan yang banyak keluar dari dalam bumi. Dimana kepunahan terparah terjadi sekitar 248 juta tahun yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar