YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE

YOUR POST TITLE HERE

SOME DESCRIPTION OF YOUR POST HERE


Prehistoric Time Line, ayo lihat kehidupan di bumi dari awal sampai sekarang..!! [Part 2]

 mesozoic era



Quote:
triassic (248.000.000 y.a – 205.000.000 y.a)

Quote:
dinosaurus muncul

Spoiler for Dinosaur:


zaman dinosaurus diketahui sekitar 240 juta tahun yang lalu, diketahui dari ditemukannya fosil prosauropods di madagaskar. Fosil – fosil lainnya ditemukan di argentina, termasuk pemakan daging, euraptor dan herrerasaurus, yang memiliki panjang 6 meter.
Quote:
Super kontinen terpisah

Spoiler for Breaks up:


pangea, mulai terpisah di akhir zaman triassic, menjadi gondwana dan laurasia. Prosesnya berawal dari berpisahnya eropa dari afrika, membentuk suatu samudra yang disebut samudra tethys. Benua – benua terpisah membentuk lautan baru yang menjadi “biological barrier” yang membuat masing-masing benua mengembangkan tanaman dan hewannya sendiri-sendiri.
Quote:
Hewan kecil berbulu mulai terlihat

Spoiler for Furry:


mamalia muncul langsung dari nenek moyangnya, therapsid yang memang menyerupai mamalia. Ada sedikit terapsid yang berhasil bertahan hidup dari kepunahan masal masa premian, termasuk hewan kecil yang tinggal di dalam tanah, memiliki darah hangat dan tertutup bulu.
Quote:
jurassic (205.000.000 y.a - 138.000.000 y.a)

Quote:
dinosaurus mendominasi bumi

Spoiler for Reign:


hewan yang dapat menguasai bumi selama hampir 150 juta tahun mulai mendominasi dari masa jurassic ini. Dimana tubuh mereka bertambah besar, contohnya dinosaurus pemakan tanaman, sauropod. Yang berleher panjang dan bisa tumbuh sampai sepanjang 6 meter.
Quote:
Burung mulai terbang

Spoiler for Ancient:


munculnya hewan bersayap ini diketahui dari fosil yang berada di jerman, yang berumur 150 juta tahun. Fosil menunjukan makhluk ini memiliki bulu sayap tapi masih memiliki ciri-ciri seperti reptile, seperti ekor, cakar dan gigi yag tajam. Hewan ini bernama archaeopteryx (ancient wing)
Quote:
cretaceous (138.000.000 y.a - 63.000.000 y.a)

Quote:
tanaman berbunga mulai mekar

Spoiler for Flower:


tanaman bunga yang mekar tercatat dalam fosil yang berumur 125 juta tahun, yang tertua berasal dari china. Tanaman ini diperkirakan sudah ada pada masa jurasic, tapi mulai berkembang pada masa cretaceous, di suhu yang sejuk.
Quote:
kepunahan dinosaurus

Spoiler for Extinction:


di akhir cretaceous, 65 juta tahun lalu. Ditandai dengan punahnya dinosaurus. 50% hewan dan tumbuhan diperkirakan lenyap. Perubahan iklim diperkirakan menjadi penyebab secara tak langsung dan tubrukan meteor mungkin menjadi penyebab utama.

cenozoic era

Quote:
paleogene (63.000.000 y.a - 24.000.000 y.a)


Quote:
mammalia mengisi tempat dinosaurus

Spoiler for Mammals:


ketika dinosaurus tiba-tiba menghilang, mamalia menggantikan tempatnya. Mereka menyebar secara cepat. Peristiwa perkembangan mamalia ini dimulai sekitar 60 juta tahun yang lalu. Termasuk munculnya keluarga mamalia pemburu seperti kucing dan anjing.
Quote:
Primata terlihat di pohon

Spoiler for Primates:


sebenarnya kapan primate mulai terlihat belum pasti, menurut fosil yang ditemukan mereka telah muncul sekitar 55 juta tahun yang lalu. Termasuk primate yang mirip tarsier yang ditemukan di amerika utara, asia dan eropa, mereka kecil, cerdas, berbulu dan tinggal di pohon
Quote:
neogene (24.000.000 y.a - 2.000.000 y.a)

Quote:
manusia purba mulai muncul

Spoiler for Purba:


diperkirakan terjadi pada 6 – 8 juta tahun yang lalu, manusia purba tertua yang telah ditemukan berumur 5.8 juta tahun yang lalu. Manusia purba ini memliki cirri hampir sama dengan simpanse, seperti rahang, bahu, dan lengan, bedanya mereka berjalan tegak. (ane tetep ga percaya kalo nenek moyang manusia itu simpanse )
Quote:
quarternary (2.000.000 y.a - now)


Quote:
dunia memasuki zaman es

Spoiler for Ice Ages:


1.8 juta tahun terakhir, sejarah bumi didominasi oleh zaman es dengan intensitas yang berbeda-beda, kebanyakan berakhir sekitar 10000 tahun yang lalu. Masa paling dingin ini berakhir ketika es di bumi mulai mencair, yang menyebabkan punahnya mammoth dan badak berbulu.
Quote:
Manusia modern lahir

Spoiler for Baby:


homo sapiens muncul sekitar 190000 tahun yang lalu di afrika timur, manusia modern awal kemudian pergi sampai australia dan amerika selatan, yang nantinya menciptakan rasnya sendiri-sendiri.
tambahan

Quote:
Originally Posted by s3noob View Post
Disini gan time chart lengkapnya
Spoiler for skalawaktugeologi:


Spoiler for skalawaktugeologi:


Spoiler for skalawaktugeologi:
makasih chartnya gan

Quote:
Itulah kejadian yang telah terjadi di dunia ini dari awal ia terbentuk sampai sekarang. cukup lama, sekitar 4.600.000.000 tahun. Umur bumi udah tua untuk ukuran planet, untuk itu kita sebagai manusia juga mesti sadar akan hal ini. Dunia ini pernah hampir punah gara-gara menumpuknya gas metan saat masa permian. jangan sampai kita punah gara-gara global warming, suatu hal yang terjadi karena kelakuan kita sendiri

dan semoga trit ini dapat menambah pengetahuan kita semua, khususnya bagi yang emang seneng sama pelajaran sejarah masa lalu (kayak TS )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar